Kesenjangan Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu hal yang amat sangat penting bagi saya. Saya juga menginginkan pikiran yang demikian juga ada di otak manusia-manusia yang lainnya. Kadang kala saya sangat miris sekali melihat kualitas pendidikan dan kesenjangan sosial dalam bidang pendidikan yang ada di lingkungan tempat tinggal saya sehari-hari. Saya sangat senang sekali ketika mendapatkan tugas observasi dari dosen pendidikan.

DSCF4361Ketika saya terjun ke lapangan, saya seolah dihadapkan dengan keadaan nyata yang memaksa saya untuk membelalakan mata. Saya ingin menangis melihat apa yang terjadi di luar sana. Begitu banyak anak-anak yang terpaksa harus hidup dengan pendidikan yang sangat sederhana dan apa adanya. Anak-anak hanya menggunakan fasilitas yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka atau bantuan dari pemerintah yang tidak begitu banyak. Tambahan pelajaran pun hanya diadakan oleh guru yang berinisiatif ketika mengajar di sekolah tersebut.
Yang membuat saya semakin miris adalah ketika saya kembali dari observasi saya melihat serombongan pelajar yang berbondong-bondong menduduki sebuah kantin padahal mereka masih berada pada jam sekolah. Mereka hanya bercanda, makan, buka internet yang sudah pasti facebook atau friendster, bergosip atau ber-haha hihi ria tanpa memedulikan orang lain yang merasa terganggu karena ulah mereka.

Lalu apa yang menyebabkan 2 keadaan ini begitu berbeda?

Apa yang harus dilakukan? solusi apa yang terbaik bagi mereka dan bagi pendidikan kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s