Inget Jawa Barat Inget Saung Angklung Udjo !

Nah buat temen-temen yang ada di Jawa Barat pastinya tahu tentang Saung Angklung Udjo. Buat yang belum pernah main ke Bandung, ini bisa dijadikan referensi tempat kunjungan yang wajib di datangi di Bandung. Sebelum langsung datang ke tempatnya, sebaiknya temen-temen mesti tahu dulu seperti apa Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena (Alm) yang akrab dengan panggilan Mang Udjo dan istrinya, Uum Sumiati. Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan sanggar seni berfungsi sebagai tempat pertunjukan seni, laboratorium pendidikan sekaligus sebagai objek wisata budaya khas daerah Jawa Barat dengan mengandalkan semangat gotong royong antar sesama warga desa.

Pertunjukan Bambu Saung Angklung Udjo

1 Demonstrasi Wayang Golek

Wayang Golek khas tanah sunda yaitu pementasan sandiwara boneka kayu yang menyerupai badan manusia lengkap dengan kostumnya, yang pada mulanya sering dipentaskan sebagai bagian upacara-upacara adat, seperti : upacara bersih desa, ngaruwat, dll.

2. Helaran

Helaran sering kali dimainkan untuk mengiringi upacara tradisional khitanan maupun pada saat upacara panen padi. Angklung yang digunakan adalah angklung dengan nada Salendro/Pentatonis yaitu nada asli angklung sunda yang terdiri atas Da Mi Na Ti La Da. Helaran sendiri dimainkan dengan nada yang riang gembira, karena memang ditujukan untuk menghibur dan untuk menunjukan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat.

3. Tari Merak

Merak adalah jenis burung dengan kombinasi warna yang sangat menawan nan indah bulunya. Tari Merak merupakan pengejawantahan dan keindahan burung tersebut, hal ini merupakan suatu tari kreasi yang menggambarkan merak yang sedang bercengkrama di taman. Tarian ini menumpahkan imajinasi kehidupan merak dalam bentuk tata gerak tarian. Tan Merak merupakan salah satu tarian kreasi baru dari daerah Jawa Barat yang mengekspresikan gerak-gerik burung merak yang lincah dalam keindahan warna bulunya yang menawan.

4. Arumba

Arumba adalah alat musik tradisional terbuat dari bambu bertangga nada diatonis, dengan tetap menghasilkan tangga nada yang harmonis dan dinamis. Diciptakan pada tahun 1970-an , ARUMBA merupakan singkatan dari Alunan Rumpun Bambu.

5. Angklung Orchestra

Sekarang angklung sering dimainkan sebagai sebuah orkestra, sering juga dikombinasikan dengan permainan alat musik seperti gitar, perkusi, dll. angklung dapat memainkan hampir semua jenis lagu, klasik, kontemporer, pop, serta mengiringi vokal. Di sisi lain, keistimewaan angklung adalah alat musik yang sangat menarik dibawakan secara massal, menariknya, permainan yang baik akan tercipta bila terdapat kekompakan di antara pemain.

6 Menari Bersama

Pada akhir acara, para putra-putri akan mengajak temen-temen bergembira dengan menari bersama sambil bernyanyi membawakan lagu anak-anak atau lagu yang familiar di masyarakat.

Jadi, buat temen – temen selamat berkunjung ke Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s