The Girls of Riyadh from Rajaa Al Saneaa

Laki-laki selalu merasa sempurna bila mampu menundukkan perempuan dan membuatnya menyerahkan diri seutuhnya. Tetapi perempuan selalu merasa tidak sempurna sebelum memberikan yang terbaik kepada laki-laki (Anuriyah)

The Girls of Riyadh

Resensi

Judul                     : The Girls of Riyadh

Penulis                  : Rajaa Al Saneaa

Penerbit               : Ufuk Publishing House

Tebal                     : 406 halaman

El Riyad, El Jazira, dan El Wathan menulis :

“Sebuah fenomena menggemparkan telah menyebar di segenap pelosok negeri. Pelakunya adalah seorang gadis misterius yang mengirimkan e-mail setiap jum’at siang kepada sebagian besar pengguna internet di seluruh Saudi. Dalam email itu, dia menceritakan kisah empat orang sahabatnya : Qamrah El Qashmany, Shedim El Harimly, Lumeis Jadawy, dan Michelle El Abdul Rahman. Mereka adalah wanita-wanita semi eksklusif di tengah pergaulan masyarakat, dan sering kali mendapat informasi yang lengkap tentang masyarakat dan budaya kecuali yang kebetulan mereka dengar dan saksikan.

Setiap minggu penulis misterius ini mengunjungi para pembaca dengan perkembangan terbaru dari setiap peristiwa, sehingga para pembaca itu selalu merindukan datangnya hari Jum’at untuk mendapatkan email misterius itu. Di sabtu pagi, fenomena heboh itu telah mengubah kantor-kantor pemerintah, aula perguruan tinggi, teras rumah sakit, dan kelas di sekolahan menjadi ruang diskusi tentang email terakhir. Setiap orang mengemukakan komentar dan pendapatnya. Banyak yang mendukung banyak pula yang menentang perbuatan gadis itu. Ada yang berpendapat semua itu wajar dilakukan dan alami saja sifatnya. Tetapi sebagian yang lain menunjukkan kemarahan dan ketidakmengertian atas perbuatan bodoh si gadis yang telah melanggar tradisi masyarakat yang selama ini dijaga dan dilestarikan.”

Komentar :

Buku yang sangat luar biasa dalam menjabarkan lika liku yang sebagian besar ceritanya pernah dialami oleh perempuan. Menjelaskan dengan cermat bagaimana nasib perempuan dalam kehidupan rumah tangga yang kadangkala apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang dijalani. Kekuatan emansipasi wanita berjalan dengan baik dalam buku ini meskipun dalam kenyataan banyak ditentang oleh tradisi dan nilai-nilai kebudayaan di Saudi.

Buku ini membuka mata kita bagaimana kita sebagai perempuan harus bersikap menghadapi pria, kehidupan, masyarakat sekitar dan berani menentukan masa depannya sendiri.

Cover buku The Girls of Riyadh dalam edisi bahasa yang lain :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s