Ragam Manusia dari Aspek Kepribadian

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah buku yang sangat bagus dalam menjelaskan sisi nyata kehidupan manusia dan interaksi antara perempuan dan laki-laki. Mungkin ini akan menjadi bahasan yang tepat pada hari Kartini.🙂

Pada dasarnya, pengkategorian laki-laki dan perempuan bisa berdasarkan pada banyak faktor, antara lain kepribadian yang kuat, kepercayaan diri, penampilan fisik, ketaatan terhadap agama dan sebagainya. Atas dasar faktor-faktor itu, laki-laki dan perempuan dimasukan ke dalam beberapa kelompok dan kategori. Kategori dan kelompok ini tidak dibedakan atas gender, sebab disimpulkan dalam pengklasifikasian ini, laki-laki dan perempuan sama saja.

Misalnya tentang kuat atau lemahnya kepribadian, baik laki-laki maupun perempuan, masing-masing mempunyai dua jenis : pertama, orang yang berkepribadian kuat dan independen. Kedua orang yang lemah dan menjadi pengikut orang lain. Jenis pertama dikelompokan menjadi dua : pertama orang yang logis, yaitu orang yang menghormati pendapat-pendapat orang lain di sekitarnya meskipun dia mempunyai pendapat dan pendirian yang berbeda. Kelompok kedua adalah kelompok yang  tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Orang seperti ini tidak mau dikuasai dan selalu ingin menguasai.

Sedangkan kelompok berkepribadian lemah dan memilih menjadi pengikut, juga terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang hanya bisa dipengaruhi oleh keluarga dan kerabat dekat. Orang dalam kelompok ini tidak mungkin bisa dilepaskan dari keluarganya untuk hidup mandiri. Kelompok ini tidak mempunyai daya dan upaya bila tidak berdekatan dengan keluarganya. Kelompok berikutnya adalah kelompok yang hanya bisa dipengaruhi oleh teman dan sahabat. Ini adalah kelompok yang paling jelek. Karena bagi kelompok ini, keluarga adalah musuh yang tidak bisa dipercaya. Mereka lebih mendengar masukan dari teman yang sering kali temannya itu mempunyai keadaan yang lebih jelek darinya.

Kelompok orang yang berkepribadian kuat dan independen cenderung lebih mampu mandiri. Dia telah menemukan cara dan kemauan untuk mengembangkan diri dan mereka mampu melakukannya. Mereka juga tidak berhenti memperbaiki keadaannya sebatas kemampuan mereka. Mereka bisa memanfaatkan setiap peluang, alat dan potensi untuk mendukung keberhasilan. Sedang kelompok kedua yang lemah adalah kelompok yang kurang cekatan dan tanggap dalam membaca permasalahan. Kelompok ini tidak bisa cepat mengambil inisiatif tindakan. Mereka memerlukan instruksi untuk mengerjakan sesuatu. Pengembangan dirinya sangat bergantung pada keluarga atau teman.

Nah, dilihat dari segi kepribadian, termasuk kepribadian yang manakah Anda? Jika kepribadian Anda merasa kurang baik, maka segeralah berusaha untuk memperbaiknya.🙂 Karena kepribadian yang  baik akan menguntungkan Anda sendiri dan bukan orang lain. Untuk aspek lainnya akan di bahas di postingan berikutnya, jadi harap menunggu🙂

sumber : The Girls of Riyadh from Rajaa Al Saneaa

One thought on “Ragam Manusia dari Aspek Kepribadian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s