UPI : Seminar Transformasi Budaya Akademik menuju World Class University

Leading and Outstanding University menuju World Class University”

Itulah visi dan semangat UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) dalam melakukan keinginan bertransformasi ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Saat ini UPI menginginkan peringkat universitas di asia pada kisaran 50 – 70  terbaik pada tahun 2015. Ini bukan hanya mimpi belaka. UPI mulai mewujudkannya dengan melangkahkan kaki melalui dikirimnya 18 mahasiswa sebagai duta UPI, duta bangsa Indonesia untuk mengemban misi merubah kultur budaya akademik yang ada di UPI dengan bercermin pada universitas negara tetangga Malaysia, University Malaya. Dengan dilakukannya pencerminan tersebut, UPI mempersiapkan diri, bagian manakah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan serta bagian mana yang harus diperbaiki. Ini bukanlah pekerjaan yang mudah terutama dalam mewujudkan pelayanan akademik yang baik. Namun, UPI tak menyerah, sekembalinya para duta tersebut. UPI semakin gencar dalam mempersiapkan diri menuju World Class University.

Langkah selanjutnya yang ditempuh UPI adalah dengan mengadakan sebuah seminar internal yang merupakan sossialisasi hasil dari Student Exchange yang telah dilakukan para duta UPI selama 1 bulan yang lalu. Adapun latar belakang dari seminar internal ini adalah dimulai dari adanya persaingan global yang terjadi di semua aspek kehidupan termasuk pendidikan memberikan tantangan kepada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai sebuah universitas keguruan yang maju dengan visinya pelopor dan unggul dalam pengembangan ilmu, teknologi, dan seni.  Pencapaian yang konsisten, terus menerus, dan hasil yang baik mendorong UPI untuk meningkatkan diri sebagai World Class University. Salah satu misi yang diemban UPI adalah menjalin kerjasama dan benchmarking dengan berbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, munculnya pemikiran mengenai refleksi diri menuju perubahan menjadi amat penting demi tercapainya tujuan. Oleh karena itu diperlukan upaya sungguh-sungguh dan kerja keras untuk mewujudkan budaya akademik yang efektif, produktif, dan prestatif.

Sedangkan tujuan utama yang ingin dicapai dari munculnya seminar internal ini, antara lain :

  1. Mempersiapkan mahasiswa UPI untuk mahir berbahasa asing sebagai modal dasar menghadapi tantangan global yang multikultural
  2. Membangun dan meningkatkan budaya literasi mendengar, mengungkap, menulis, dan membaca sehingga mempunyai learning skill yang baik.
  3. Membangun kebiasaan, kepribadian, motivasi, dan kerjasama yang berbasis akademik demi tercapainya budaya akademik menuju World Class University


NAMA KEGIATAN

Seminar Transformasi Budaya Akademik Menuju World Class University


BENTUK KEGIATAN

Seminar sehari (seminar internal UPI)

TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN

Hari                        : Rabu

Tanggal                 : 13 Oktober 2010

Waktu                   : 08.00 – 15.00

Tempat                : Balai Pertemuan Umum UPI


One thought on “UPI : Seminar Transformasi Budaya Akademik menuju World Class University

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s